Tips Mendapatkan Dokter Mata Terbaik

Dokter mata terbaik adalah yang paling dicari ketika mata terasa terganggu. Apalagi jika ada gejala penyakit mata seperti degenerasi makula, retinopati diabetik, atau ablasio retina.

Penyakit-penyakit mata itu tergolong serius. Bila tak segera ditangani oleh ahlinya, mata bisa rusak parah dan akhirnya buta.

Anda sudah punya dokter mata langganan? Itu bagus. Tapi tunggu dulu. Ada dua macam dokter mata, yakni optometris dan oftalmologis. Yang manakah dokter Anda?

Dua Macam Dokter Mata Terbaik

Tips Mendapatkan Dokter Mata Terbaik

Optometris dan oftalmologis punya perbedaan yang sangat kentara. Optometris adalah dokter mata yang mampu memeriksa mata dengan gangguan penglihatan dan kesehatan.

Optometris juga bisa memperbaiki gangguan refraktif dengan membuat resep kacamata dan lensa kontak. Beberapa optometris pun dapat menyediakan terapi untuk memperbaiki kemampuan penglihatan yang berkurang.

Sedangkan oftalmologis adalah dokter mata yang secara khusus punya spesialisasi di bidang mata dan perawatan penglihatan. Oftalmologis dilatih untuk memeriksa mata, mendiagnosis dan merawat gangguan mata, meresepkan obat mata, serta menjalankan prosedur operasi mata.

Seperti optometris, oftalmologis juga mampu meresepkan lensa kontak dan kacamata. Tapi keduanya berbeda dengan optician alias ahli kacamata, yang hanya punya kualifikasi untuk membaca resep dokter mata dan membuat kacamata sesuai dengan resep itu.

 Dari penjelasan itu, bisa disimpulkan bahwa dokter mata terbaik yang Anda cari adalah seorang oftalmologis. Lebih spesifik lagi, oftalmologis spesialis penyakit retina mata.

Dokter Anda Sudah Tepat?

Bila dokter langganan Anda sudah tepat seorang oftalmologis, berarti tinggal ceritakan segala permasalahan mata yang dirasakan. Beliau pasti mampu memberikan arahan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Tapi jika belum punya dokter dengan kualifikasi oftalmologis, Anda bisa meminta referensi atau rekomendasi dari dokter mata langganan tersebut. Semestinya beliau punya jaringan yang mencakup oftalmologis.

Untuk digarisbawahi: oftalmologis spesialis retina biasanya hanya menangani masalah retina dan tidak meresepkan kacamata. Ini penting karena pengalaman dan fokus pada satu hal menjadi kriteria dokter mata terbaik yang banyak dicari.

Di Mana Mencari Dokter Mata Terbaik?

Dokter mata yang bisa disebut terbaik umumnya berkantor di rumah sakit atau klinik khusus mata. Dokter mata tidak seperti dokter gigi, yang bebas punya klinik sendiri di rumah dan banyak tersebar di sepanjang jalan.

Contohnya di KMN EyeCare, fasilitas medis khusus mata yang punya cabang di Kemayoran, Kebon Jeruk, Jakarta Selatan, Pantai Indah Kapuk, dan Semarang. Selain dokter retina, KMN EyeCare memiliki dokter yang bisa menangani katarak, glaukoma, hingga mata juling.

Sebelum memutuskan mendatangi dokter mata itu, cari-cari informasi dulu di Internet. Biasanya dokter mata yang punya reputasi bagus mendapat banyak testimoni, terutama di forum-forum Internet.

Kemudahan menjadwalkan konsultasi juga sebaiknya menjadi pertimbangan. Misalnya bisa membuat jadwal via online tanpa perlu telepon. Bila datang langsung, ada kemungkinan dokter mata yang diinginkan sedang tak ada di tempat sehingga konsultasi gagal.

Kapan Anda Merasa Telah Menemukan Dokter Mata Terbaik?

Dalam hal hubungan pasien dan dokter, kenyamanan adalah salah satu faktor penting. Pasien harus nyaman ditangani dokter, demikian juga sebaliknya.

Tapi kenyamanan saja tidak cukup. Dokter itu harus bisa memberikan informasi yang jelas dan tepat soal keluhan yang disampaikan pasien. Informasi itu termasuk biaya dan tindakan untuk mengobati penyakit mata tersebut. 

Dokter mata terbaik bisa memberikan kenyamanan sekaligus ketepatan tindakan. Namun ada faktor eksternal yang tak kalah penting, yakni kualitas peralatan yang digunakan serta pelayanan oleh rumah sakit/klinik terkait.

Sebab, dokter mata dan fasilitas rumah sakit/klinik saling berkait. Dokter mata yang dilengkapi dengan peralatan terbaru dan pelayanan staf yang ramah adalah dokter mata terbaik yang Anda cari.

Bisa Tanya Asuransi

Bila terdaftar sebagai peserta asuransi yang mencakup perlindungan terhadap mata, Anda juga bisa bertanya kepada pihak asuransi tersebut. Mereka punya daftar rumah sakit yang menjadi rekanan dan mungkin dokter yang bisa dihubungi.

Keuntungan mendapatkan dokter mata terbaik lewat asuransi adalah adanya jaminan bahwa segala biaya tindakan terhadap mata ditanggung oleh asuransi. Tapi itu semua tentu harus sesuai dengan syarat dan ketentuan seperti tertera di polis.

Jadwalkan Pemeriksaan

Tanpa perlu tunggu waktu lebih lama lagi, segera jadwalkan pemeriksaan kalau merasakan gejala penyakit mata, terutama retina. Dokter mata langganan, meski bukan yang terbaik, bisa didatangi lebih dulu.

Jangan sampai menunggu hingga benar-benar merasa mendapatkan dokter mata terbaik. Begitu juga bila tak punya dokter mata langganan.

Yang penting, pastikan dokter mata yang dituju punya kualifikasi untuk memeriksa kondisi mata. Siapa tahu justru dari mereka Anda bisa menemukan dokter mata yang sesuai.

Makin cepat diperiksa, gangguan pada mata bisa makin cepat diatasi. Kebutaan pun dapat dicegah dengan penanganan segera.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Tips Mendapatkan Dokter Mata Terbaik
Author Rating
51star1star1star1star1star
Tagged , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *